Minggu, 25 Mei 2014

Kutukan Atletico di Final Liga Champions

Kutukan Atletico di Final Liga Champions

Sepanjang sejarah, Atletico Madrid baru bisa tampil final Liga Champion sebanyak dua kali. Dan di dua kesempatan itu pula Atletico gagal meraih gelar juara.

Terbaru, Atletico gagal meraih trofi Liga Champions perdana mereka setelah digilas Real Madrid dengan skor 4-1 pada partai final yang digelar di Estadio Da Luz, Lisbon, Portugal, Minggu 25 Mei 2014.

Usai kekalahan ini, ada mitos yang berkembang terkait tampilnya Atletico di partai final Liga Champions.

Atletico diyakini tidak boleh mencetak gol lebih dulu di final Liga Champions. Jika tidak, mereka akan gagal meraih Si Kuping Besar.

Mitos ini, dilansir Marca, bermula dari final Liga Champions di musim 1973/74. Saat itu, Liga Champions masih dikenal sebagai European Cup.


Los Rojiblancos bertemu dengan Bayern Munich pada partai final yang digelar 15 Mei 1974 di Stadion Heysel. Kala itu, Atletico dan Bayern tidak mampu mencetak gol di 90 menit waktu normal. Dan laga dilanjutkan ke babak extra time
Pada masa extra time, Atletico mampu mencetak gol lebih dulu lewat Luis Aragones di menit 114. Namun, Georg Scwarzenbeck mampu menyamakan skor di masa penghujung babak extra time.

Dengan hasil ini, Atletico dan Bayern harus menjalani partai ulangan untuk menentukan pemenang dari European Cup
musim 1973/74.

Di partai ulangan yang digelar dua hari setelahnya, Atletico gagal memenangkan
European Cup. Mereka kalah dari Bayern di pertemuan kedua dengan skor 4-0.

Hal yang sama terjadi di final Liga Champions musim ini. Atletico mampu mencetak gol lebih dulu lewat sundulan Diego Godin di menit 36. Skor 1-0 untuk keunggulan Arda Turan cs bertahan hingga laga memasuki menit 90.


Namun, gol Sergio Ramos di penghujung laga memaksa laga dilanjutkan ke extra time. Ironis, di masa extra time, Atletico justru kebobolan tiga gol tambahan. Mereka akhirnya kalah dengan skor 4-1.

Catatan statistik menunjukkan, sebenarnya 6 dari 8 kontestan terakhir yang mencetak gol lebih dulu di final Liga Champions mampu mengangkat trofi. Atletico Madrid menjadi tim kedua yang gagal melakukannya usai Bayern Munich di 2012 silam.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar